Bonus PNS yang Pindah Duluan ke IKN Tunggu Restu Jokowi

SHARE  

Infografis, CASN 2024 Dibuka Maret Fresh Graduate Bakal Ditaruh di IKN Foto: Infografis/ CASN IKN/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia РMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb) Azwar Anas mengungkapkan keputusan pemberian insentif untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal keluar dalam waktu dekat. Nantinya insentif itu hanya akan diberikan kepada ASN gelombang pertama yang pindah ke IKN, yang disebut insentif pioneer.

“Nah ini sedang kita bahas dengan bu Menteri Keuangan, menunggu ratas yang akan datang,” kata Azwar Anas di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat (15/3/2024).

PILIHAN REDAKSIPelaku Kasus Korupsi Didominasi Pejabat PNS, Gimana dengan Polisi?Setelah 4 Tahun, Akhirnya THR & Gaji ke-13 PNS Dibayar 100%!Honorer Mohon Maaf! Tahun Ini Tidak Terima THRSri Mulyani: Anggaran THR ASN Se-Indonesia Tembus Rp48,7 T Tahun IniBukan ASN, Kades & Perangkat Desa Tak Dapat THR

Azwar membeberkan komponen insentif yang diberikan mulai dari ASN, pasangan, anak, hingga Asisten Rumah Tangga (ART).

“Komponennya siapa saja yang ditanggung 1 ASN, 1 pasangan ASN dan 2 anak 1 asisten rumah tangga,. Apa saja, seperti biaya pengepakan, biaya tunggu, dan biaya transportasi ini tunjangan pioneer, tapi detailnya akan kita bahas dengan bu Menteri Keuangan,” kata Azwar.

Namun ia belum mau membeberkan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk memberikan tunjangan itu.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor di IKN pada Juli 2024 bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“Pak Basuki Juni, Juli,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

“Juni-Juli saya nunggu airport-nya jadi, jalan tolnya jadi. Kalau jalan tolnya jadi, airport-nya jadi,” sebut Jokowi saat ditanya dirinya kapan berkantor di IKN.

Sementara itu, bagi para abdi negara di pemerintahannya sendiri akan pindah kantor secara bertahap. Pada Juli 2024, jumlahnya yang pindah tahap pertama sebanyak 6.000 orang, menyesuaikan kesiapan hunian ASN dan TNI-Polri di IKN.

“ASN ini akan dipindah secara bertahap,” kata Jokowi.

ASN yang dipindahkan ke IKN tahap awal ini akan dikhususkan untuk menyiapkan upacara bendera HUT RI pada 17 Agustus 2024. Sementara itu tahapan kedua akan dipindah pada Oktober dan https://tampansamping.com/November 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*